13 Oktober 2009

Profesi IT yang ada saat ini dan profesi IT yang nantinya akan hilang dan yang tetap bertahan.


Profesi adalah pekerjaan,semua pekerjaan sangat penting dilaksanakan dengan baik dan benar. Hal ini terkadang membuat seseorang mau untuk berfikir menyelesaikan tugasnya meski terkadang mereka tidak mampu menyelesaikannya tp mereka harus tetap berusaha sedemikian rupa.
Ada beberapa profesi IT yang ada saat ini,berikut saya jabarkan:
1. Computer Engineering
Tujuan akhir dari bidang ini adalah menghasilkan sebuah produk computer dan masih ad hubungannya dengan desain, pengembangan dan testing hardware computer, mikroprosesor.
2. Computer system dan Networking
Bidang ini juga berkaitan dengan desain, implementasi dan pemeliharaan instruktu jaringan computer baik LAN(Local Area Network) maupun WAN(Wide Area Network), teknologi server hingga optimasi serta administrasi sistem komputer.
3. Software development dan consulting
Pengembangan dan konsultasi perangkat lunak.
4. System support atau technical support
Pekerjaan yg dilakukan adalah mensupport atau maintain atau memelihara system computer berupa Hardware dan Software yang sudah ada.
5. Software engineer
Adalah salah satu profesi yang cukup diminati karena penghasilannya yang cukup lumayan dan jenjang karirnya pun dukup jelas. Profesi dibidang ini umumnya memegang beberapa sertifikat seperti CCNA, CCNP, atau CCIE.
6. System administrator
Profesi ini adalah Profesi yang mirip dengan network engineer yang dituntut memiliki pengetahuan lebih detail dalam hal desain dan administrasi server-server yang ada di suatu jaringan internal.

Itu adalah profesi yang saya ketahui yang ada saat ini. nah menurut pencabaran profesi IT diatas saya bisa menarik kesimpulan bahwa profesi yang akan hilang tidak akan ada. Maksudnya bukan tidak ada tetapi hanya peminatanya saja yang kurang atas profesi tersebut sehingga profesi itu kurang berkrmbang dimasyarakat.
Dan profesi yang semakin diminati dari pencabaran diatas adalah software Engineer. Karena disitu penghasilannya cukup lumayan. TP bukan berati profesi yang lain tidak diminati semua pekerjaan itukan setiap orang sudah punyak keahliannya masing-masing sesuai dengan kemampuan mereka.

kalau kita membahas soal profesi banyak juga orang yg tadinya kuliah di bidang IT bekerja di bidang yang tidak ad hubunganya dengan materi perkuliahan yg mereka pelajari didunia IT. Hal itu menurut saya disebabkan karena sudah terlalu banyak SDM yang ada sekarang dan SDMnya pun banyak sekali yang berkualitas sangat baik sehingga perusahaan harus benar-benar selectif memilih pekerja yg perusahaan mau. Nah bagi SDM yang tidak diterima akan memutuskan memilih profesi yang sudah ada didepan mata mereka walaupun profesi tersebut bukan profesi yang diketahui di kuliahnya. Bisa juga mereka mengambil keputusan itu karena hobi di bidang itu.

0 komentar:

Posting Komentar