06 Desember 2009

Strategi menghadapi Akreditasi yang Buruk

Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) mutu dan kelayakan institusi perguruan tinggi atau program studi yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Bentuk penilaian mutu eksternal yang lain adalah penilaian yang berkaitan dengan akuntabilitas, pemberian izin, pemberian lisensi oleh badan tertentu. Ada juga pengumpulan data oleh badan pemerintah bagi tujuan tertentu, dan survei untuk menentukan peringkat (ranking) perguruan tinggi.

tujuan dan manfaat akreditasi institusi perguruan tinggi adalah sebagai berikut :

1. Memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.

2. Mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan 2 mempertahankan mutu yang tinggi

3. Hasil akreditasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam transfer kredit, urulan bantuan dan alokasi dana, serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.

Apabila kita memiliki Akreditasi yg buruk dlm sebuah perguruan tinggi biasanya akan berdampak pada kualitas dan sumber daya manusia yg tidak bagus juga,masyarakat enggan mw memilih untuk kuliah di perguruan tinggi tersebut.

Oleh sebab itu kita harus mensiasati agar dan mencari strategi agar banyak para orang tua mahasiswa yg mw memasukan anaknya kuliah di perguruan tersebut. misalnya saja lebih bnyak melakukan promosi kesekolah-sekolah dan mendatangkan siswa ke perguruan tinggi itu.

Tapi bagi mereka yang sudah terlanjur masuk dperguruan tinggi tersebut harus cepat menentukan sikap apakah mereka ingin lulus dengan akreditas yg buruk sehingga sulit sekali mendapat pekerjaan atau menunggu sampai akreditasi tersebut berubah menjadi baik...

Jika anda mengambil langkah menunggu sampai akreditas itu berubah mnjadi baik sangat membuang-buang waktu, pikiran dan uang. karna mungkin saja diluar sana masih ad pekerjaan yg menanti kita walaupun ijasah yg kita memiliki berakreditas buruk...

0 komentar:

Posting Komentar